BERYL

 

Warna                  : Hijau muda, hijau tua,kuning,

kuning kehijauan, merah muda, merah tua, biru muda, biru kehijauan, tanpa warna (colorless)

Tingkat kekerasan          : 7.5 – 8

Indeks bias               : 1.570 — 1.600

Berat jenis                         : 2.69 — 2.80

Susunan bentuk kristal : Hexagonal Negara penghasil

terbesar               : Kolombia, Brazil, Afganistan,

Afrika, Pakistan

Beryl adalah nama suatu grup atau diumpamakan sebagai kepala keluarga dan memiliki varitas yang dianggap sebagai anak-anaknya. Banyak sekali nama-nama yang ada di dunia perdagangan atau trade name yang termasuk dari varitas Beryl, antara lain:

Green bery;

Batu Beryl berwarna hijau muda atau hijau pucat ini mempunyai luster dan transparansi yang baik. Disebut Green Beryl karena

warnanya tidak mempunyai unsur kimiawi chromium sehingga warnanya tidak cukup intens

atau kuat menjadi warna Emerald (Jambrud). Batu Permata ini kebanyakan berasal dari Brazil, adapun sebagian kecil bisa dijumpai di negara-negara lain seperti India, Myanmar, Srilanka, Afrika, USA.

Warna Batu Permata ini biasanya mulai dari kuning pucat sampai yang berwarna kuning tua keemasan atau yang biasa disebut’Golden Beryl’

di pasaran. Selain itu ada juga yang mempunyai fenomena mata kucing atau cat’s-eye. Penyebab dari warna kuning tersebut karena adanya unsur kimia iron. Batu ini biasanya mempunyai kejernihan yang tinggi karena bebas dari cacat (inclusion). Negara penghasil terbanyak terutama dari Srilanka dan Namibia.

 

Goshenite atau Colorless Beryl Nama Batu Permata ini diambil

dari kota Goshen yang berada

di Massachusetts negara bagian Amerika Serikat. Batu Permata ini tidak mempunyai warna atau tanpa warna. Dilihat dari penampilannya mirip dengan batu-batu lainnya yang berwarna putih seperti Topaz, Berlian, Sapphire dan lain lain. Dan pada jaman dahulu batu Goshenite ini diikat pada rangka tutup yang bagian dalamnya dilapisi kertas perak pada perhiasan kuno, sehingga mempunyai penampilan yang menank dan

menyerupai berlian.

 

Aquamarine

Disebut batu biru laut’ karena mempunyai mitos membawa keberuntungan bagi pelaut.

Batu ini mempunyai ciri khas berwarna biru pucat, biru, dan biru kehijauan. Khusus warna biru tua dengan ukuran yang besar yang biasanya diminati oleh para kolektor. batu ini biasa bersih dari cacat sehingga mempunyai kejernihan tinggi. negara penghasil utama, selain itu diikuti oleh
Ir, Srilanka, India, Afghanistan, Afrika, Rusia, USA . hati hati batu aquamarine palsu dengan warna synthetic blue spinel .

Maxixe beryl

batu dari keluarga beryl yang berasal dari brazil mempunyai warna biru agak gelap, batu ini sangat jarang di temukan.

 

Emerald atau Jambrud juga merupakan salah satu varitas

dari grup Beryl. Warnanya haruslah cukup hijau untuk disebut sebagai Emerald, apabila tidak cukup hijau maka akan disebut sebagai Green Beryl. Selain dari warna hijau tua maka batu Emerald mempunyai keunikan antara lain: mempunyai fenomena mata kucing (cal’s-eye). Emerald juga mempunyai tekstur yang unik yang disebut’Trapiche'(berbentuk seperti jaring laba-laba)

Penyebab warna pada Emerald yaitu karena adanya unsur chromium dan kadang-kadang unsur vanadium.

Emerald yang bebas dari cacat amatlah langka karena biasanya Batu Emerald itu pasti memiliki cacat atau inclusion. Kadang karena terlalu banyak cacat ada sebagian orang menyebutnya ‘garden’ atau ‘taman’ di dalam Batu Emerald.

Untuk kriteria Emerald, yang pertama adalah intensitas warna dan yang kedua adalah kebersihannya atau tiadanya cacat. Batu Permata Emerald sendiri terbentuk dari magma dan metamorfic.

Batu Emerald harus dirawat dengan cara yang benar, tidak boleh dicuci memakai pembersih getar atau ultrasonic deaning, serta harus menghindari panas api yang tinggi pada waktu pemasangan rangka.

Negara penghasil Emerald adalah Kolombia, Brazil, Rusia, Australia, Afrika, India, Afganistan. Pada awal tahun 1900 di Kolombia ditemukan Emerald yang belum diasah (rough) terbesar dalam sejarah yaitu sekitar 1383.95 carat.

Karena Batu Emerald banyak peminatnya maka bermunculan beberapa perusahaan synthetic seperti Chattam, Gilson (awal tahun 1930), serta ada juga perusahaan lain seperti Linde, A.G (Jepang),dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *